Keaksaraan Dasar (Dekonsenterasi)

 

Pengertian :

Merupakan kemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan, dan berbicara untuk mengomunikasikan teks lisan dan tulis sederhana dengan menggunakan aksara dan angka dalam Bahasa Indonesia. Dana Keaksaraan Dasar merupakan bantuan biaya operasional penyelenggaraan keaksaraan bagi penduduk usia 15 tahun ke atas agara mereka mampu memperoleh Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA).

Sasaran :

Penerima Manfaat Layanan Penduduk 15 tahun ke atas yang berkeaksaraan rendah atau masih buta aksara latin (melek aksara parsial). Penerima Bantuan Sosial PKBM/Satuan PNF sejenis/Lembaga kemasyarakatan yang memiliki legalitas, kapasitas, dan integritas pembelajaran keaksaraan yang ditunjukkan dengan data warga belajar, tutor, dan sarana pembelajaran yang disahkan oleh Kepala Desa atau RT/RW.

Alokasi Dana 2011:

Dana Dekonsentrasi sebesar = Rp 129.778.000.000,- untuk 347.000 peserta didik dengan satuan biaya pembelajaran Rp 360.000,- per peserta didik.

Cetak
Keaksaraan Dasar (Dekonsentrasi, P2PNFI / BPPNFI)

Pengertian :

Keaksaraan Dasar adalah upaya pemberian kemampuan keaksaraan bagi penduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas agar memiliki kemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan dan berbicara untuk mengkomunikasikan teks lisan dan tulisan dengan menggunakan aksara dan angka dalam bahasa Indonesia
Biaya Operasional Keaksaraan Dasar merupakan alokasi biaya APBN yang dapat diakses oleh lembaga/organisasi untuk menyelenggarakan program pendidikan keaksaraan dasar bagi penduduk dewasa dengan kemampuan melek aksara parsial yang cenderung buta aksara agar memiliki kemampuan membaca, menulis, berhitung, mendengarkan dan berbicara untuk mengkomunikasikan teks lisan dan tulis dengan menggunakan aksara dan angka dalam bahasa Indonesia

Sasaran Program :
Penduduk 15 Tahun keatas yang masih buta aksara dan/atau beraksara parsial
Penerima program:
Lembaga masyarakat / Satuan PNFI yang memiliki legalitas

Besar Bantuan :
Rp. 360.000 per orang / Rp. 3.600.000 perkelompok belajar (10 orang)

Back to Top